Palasari: Surganya Pecinta Buku

Saya dengar kabar kabur kalau palasari adalah pasar buku terbesar dan terlengkap di Bandung. Sebagai pecinta buku pasti dong saya jadi penasaran: O ya? kayak apa sih? Akhirnya kemaren saya sempetin juga ke palasari. Siapa tau buku yang saya cari-cari ada disini. Palasari ini letaknya agak ke timur dari kota Bandung.

Sampai di Palasari, dari jalan tampak kios buku yang berderet-deret. Sepintas mirip banget kayak Terban Jogja, hampir saya merasa saya ada di terban😀 O, iya terban adalah kios-kios buku yang ada di Jogja selain Shopping Centre.

Saya masuk lewat gerbang yang ada tulisan “Pasar Tradisional Palasari”, mulai eksplore-nya dari belakang. Di deretan belakang rata-rata tidak menjual buku, tetapi menerima pesanan cetak buku yasin dan maj’mu. Saya tanya harganya sekitar 17 ribu – 35 ribu tergantung jenisnya. Ada sebuah buku yasin lipat yang kecil, bagus bgt, sayangnya satu: nggak bisa ditawar!

Lanjut saya menyusuri lorong-lorong pasar palasari, saya menemukan sebuah kios buku yang menurut saya paling lengkap se-palasari: namanya Bandung Book Centre. Kios ini ukurannya besar, ada 2 lantai. Buku-buku ditumpuk/disusun dengan menarik. Sepertinya dari lantai sampai atap isinya adalah tumpukan buku. Coba deh lihat:

Tumpukan buku di BBC Palasari

Tumpukan buku di BBC Palasari

Wuahhh….rasanya saya bakalan betah deh melototin satu-satu buku-buku disini, hehe…. Udah gitu diskonnya lumayan gede sekitar 20-30% tergantung penerbitnya. Seperti halnya di toko buku, buku-buku disini sudah dikelompokkan menurut jenisnya: agama, pendidikan, biografi…dll. dan kalau males nyarinya satu-satu, bisa minta dicarikan di database computer.

Sayang buku yang saya cari: ‘A Whole New Mind’ nya Daniel Pink stocknya habis😦

Musti manjat buat ngambil buku

Musti manjat buat ngambil buku

Keluar dari toko buku ini saya kembali meyusuri lorong-lorong pasar, mencari sesuatu yang mencuri perhatian. Pedagang disini ada juga yang sudah menerapkan diferensiasi: ada yang khusus menjual buku lawas, ada yang khusus menjual buku sekolah, ada juga yang khusus hanya menjual komik bekas😀 untuk komik harganya rada mahal ya sekitar 5000, tapi yang namanya komik bekas, adanya cabutan, nggak ada yang satu seri lengkap.

Kalo boleh dikata, Palasari Bandung ini mirip kayak Shopping Centre Jogja. Kalo di Jogja, meski bisa ditawar tapi saya jarang banget ke Shopping. Alesannya ogah musti keliling dan nanya satu per satu dari satu kios ke kios lainnya. Kalaupun berkeliling saya pasti sudah nyiapin sobekan kertas bertuliskan judul buku beserta nama penerbit dan pengarangnya. Jadi nanti penjualnya tinggal baca aja. Praktis dan hemat energi.

Kalo di Palasari yang bikin menarik dan berasa lengkap adalah BBC (Bandung Book Centre) tadi, apalagi dengan diskon yang lumayan banget. Selain itu BBC meski kios di pasar tapi sudah modern, ada database bukunya, pegawainya yang bisa mbantuin nyari buku, juga pembayaran pake debet. Hmm….mungkin kalo teman-teman deadlock, nyari buku nggak ketemu-ketemu coba aja ke BBC Palasari. Bukan promosi loh?!😀

~ oleh honeysweet pada 9 Januari 2012.

10 Tanggapan to “Palasari: Surganya Pecinta Buku”

  1. Aaak. menyesal kemarin ke bandung ndak sempat singgah T-T. alamat lengkapnya dimanaa?

  2. kalo udah bisa bayar pake kartu debet, mungkin namanya udah harus diganti, gak pake kata ‘Tradisional’ lagi…🙂

    dari fotonya saya sudah bisa bayangkan bakal betah seharian disana berburu buku. kapan waktu ke bandung, Insya Allah akan mampir kesitu.

    Thanks infonya..

    salam..

  3. ya mirip shopping centre di jogja euy

    tapi kalo soal buku baru, saya tetap mengidolakan Togamas, toko buku diskon sepanjang jaman :mrgreen:

  4. pengen kesitu juga ih borong bukuuu

  5. suka daniel pink, mbak?
    suka nonton video TED juga?

  6. wah…sy jg baru pindah dari jogja ke bandung, thanks infonya 😀

  7. kalau ke palasari, apalagi liat ke BBC yg di belakang. jadi pingin punya toko buku. bukunya bejibunn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: