Radetzky March: Lagu Militer yang Penuh Semangat

Kali ini saya pengen membahas soal Musik Klasik, especially musiknya Strauss. Strauss merupakan komposer yang hampir semua lagunya saya suka. Dari semua lagunya, yang palingg…saya suka adalah Radetzky March. Setelah itu baru Feuerfast Polka Francaise dan Die Fledemaus Overtune.

Yang saya suka dari Strauss, musiknya tuh ceria dan semangat. Coba deh dengerin Radetzky March! Rasanya begitu bersemangat, heroik dan patriotik. Lama-lama dengerin akhirnya pengen ngerti juga latar belakang tentang lagu ini. Apa sih cerita dibalik lagu ini?

:

Radetzky March ini diciptakan oleh Johann Strauss I di Tahun 1848. Lagu ini diciptakan sebagai penghormatan untuk seorang Marsekal Austria yang bernama: Joseph Radetzky von Radetz (Mangkanya lagunya dinamain kayak namanya).

Joseph Radetzky Von Radetz lahir di Austria pada tahun 1766, dan mulai bergabung dengan Austrian Army pada usia 21 tahun. Beliau berkarir di militer selama 70 tahun sampai meninggal pada usia 91 tahun. Jenderal ini merupakan panglima Austria yang pernah memenangkan pertempuran Custoza (1848) dan Pertempuran Novara (1849)

Fyi, pada Tahun 1848 di Eropa terjadi Revolusi yang dikenal dengan Sebutan Revolusi Eropa. atau disebut juga Spring of Nations. Revolusi ini ditandai dengan adanya gejolak di negara-negara di eropa, tak terkecuali  di Austria dan Italia.

Pertempuran Custozza adalah merupakan bagian dari perang kemerdekaan Italia yang pertama. Pertempuran terjadi antara kekaisaran Austria yang dipimpin oleh Marsekal Joseph Radetzky Von Radetz melawan Kerajaan Sardinia yang dipimpin oleh  Raja Charles Albert. Dalam pertempuran yang berlangsung di Custozza Italia ini, Marsekal Radetzky membawa 33.000 pasukan dan berhasil meraih kemenangan untuk Austria. O..iya perlu diketahui bahwa pada saat memimpin pertempuran ini, usia Joseph Radetzky adalah 82 tahun!

Sebagai pribadi, Radetzky memiliki semua kualitas yang dimiliki oleh seorang Jenderal: Keberanian besar, tekad dan energi, wawasan strategis dan kehati-hatian.

**

Untuk merayakan kemenangan pertempuran Cuztoza, pada tahun yang sama (1848) Johann Strauss I menyusun Radetzky March untuk menghormati Joseph Radetzky. Pada penampilan perdananya di Wina, para  tentara secara spontan bertepuk tangan  dan menghentakkan kaki mereka dan hal itu menjadi tradisi sampai sekarang.

Radetzky March merupakan mars yang populer di kalangan militer, tentu saja dalam hal ini adalah militer Austria dan German. Selain populer di kedua negara itu, Mars ini juga digunakan dalam pawai militer di Chili. Kenapa bisa sampai Chili? Karena Angkatan Bersenjata Chili pernah dilatih oleh Prusia dan German. Jadi ada pengaruh Tradisi Militer German pada Angkatan Bersenjata Chili.

Radetzky March secara rutin diperdengarkan pada Neujahrskonzert atau konser tahun baru di Vienna Philharmonic Orchestra. Lagu ini biasanya dimainkan sebagai lagu penutup. Perkecualian terjadi pada tahun 2005, lagu ini tidak dimainkan karena untuk menghormati korban Tsunami.

Radetzky March juga pernah dibuatkan novel pada tahun 1932 oleh seseorang berkebangsaan Austria yang bernama Joseph Roth. Novel ini bercerita tentang keluarga militer pada akhir masa Austro-Hungaria.

Wow….Betapa besar dampak dari keberanian Joseph Radetzky Von Radetz. Semoga kitapun nggak sekedar menjadi penikmat Radetzky March, tetapi juga bisa meneladani semangat beliau..:D

Image from: www.kunst-fuer-alle.de

~ oleh honeysweet pada 31 Maret 2010.

6 Tanggapan to “Radetzky March: Lagu Militer yang Penuh Semangat”

  1. aku sering denger lagu ini,, tapi versi klasiknya.. giliran kemarin denger lagu ini dimainin ama tim perkusi Marching Band UGM,, aku langsung jatuh cinta.. hehehee,,,

  2. tgl 23 mei orkes cikini klasika mainin lgu radetzky-marsch d GBB TIM.acara cikini klasika (ciklas) tonton ya. doain aku biar sukses mainin lagu yg penuh semangat ini.mksih y ats info latar blkng lagu ini.god bless🙂

    • @ KIPI: Yup…lagu ini emang bisa bikin jatuh cinta pada PENDENGARAN Pertama, hehe…

      @ Uca: duh pengen banget nonton, sayange di JKT yah? Semoga sukses aja ya.. Good Luck ^_^

  3. wah,mantabz,,suka lagu klasik dan heroik juga to?kasih referensi dong ke blog saya

  4. download lagunya di mna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: