Nikmati Nuansa Jawa dan Eropa di Mirota Batik

Pernah ke mirota batik?

Hmm.. disana kamu akan merasakan suasana yang “berbeda”

Mirota Batik @t night

Mirota Batik @t night

Mirota batik merupakan salah satu toko yang menjual berbagai macam batik dan cenderamata khas jogja. Meskipun banyak toko batik, toko ini berbeda dengan toko lainnya. Toko ini ramai sekali.  Pada hari biasa sekalipun. Toko yang terletak di ujung jalan Malioboro ini dari jauh bisa langsung dikenali lewat bangunannya yang berwarna putih.

Di depan toko ada kereta kuda, yang dipakai pada hari tertentu. Di pintu toko, kita akan disambut oleh mbok-mbok, atau pak-pak yang menggunakan pakaian jawa. Begitu masuk akan terasa suasana yang lain… suasana yang begitu jawa. Ya! Suasana jawa kental sekali di toko ini. Ada bunga yang diletakkan dalam ciri atau cobek, ada aroma yang khas, ada alunan gendhing jawa dan suasana yang begitu hidup. Lantai 1 di toko ini untuk pakaian. Berbagai batik bisa ditemukan disini. Terkadang di lantai 1 ini juga kita bisa melihat proses pembuatan batik oleh mbok-mbok dengan menggunakan canthing.

Beranjak ke lantai 2 adalah tempat untuk souvenir dan pernak-pernik. Banyak cendera mata yang bisa ditemukan di sini. Ada patung loro blonyo, pembatas buku wayang, lampu tempo dulu, atau foto Pak Hamzah, pemilik mirota batik dalam bentuk yang lain. Semua bisa kamu temukan di sini.

Beralih ke lantai 3…nah..ini tempat favorit saya. Kenapa? Karena disini saya bisa Wifian sepuasnya. Lantai 3 adalah cafe sekaligus wifi area. Nama cafenya adalah Oyot Godhong. Di lantai ini terdapat gazebo-gazebo dan konsepnya adalah taman. Hari Rabu kemaren saya se-sorean di sini. Wuihh…serasa ada di Eropa. Kalau di lantai 1 dan 2 kita akan menemukan nuansa Jawa Klasik, di Lantai 3 ini kita akan menemukan nuansa eropa klasik. Mulai dari alunan musiknya, para pramusajinya yang menggunakan kostum-kostum jaman eropa.

Maneken Orang Jawa di Oyot Godhong

Menu makanan dan minuman di s ini bervariasi. Mulai dari wedang uwuh, wedang ronde, roti dari Mirota Bakery, sampai nasi goreng special ala mirota batik. Harga makanan di cafe oyot godhong ini sangat murah. Saya pesan Wedang Uwuh dan Camilan ketela cuma habis 5000 perak. Murah banget kan? Makanya saya suka tempat ini.

~ oleh honeysweet pada 27 Februari 2009.

17 Tanggapan to “Nikmati Nuansa Jawa dan Eropa di Mirota Batik”

  1. Hadooohhh… ngajak ngajak dund jeng, kalo kesini.
    *protes*

  2. artikel yang menarik.
    jika anda benar2 cinta akan batik, tolong ikuti polling dan beri komentar di artikel ini
    http://adinugroho.wordpress.com/2009/03/03/batik-pakaian-formal-atau-bukan/

  3. waduh no 3

  4. sip, thanks buat infonya…
    udah dimaskukan daftar kunjungan kalo nanti ke Jogja..

  5. Beralih ke lantai 3…nah..ini tempat favorit saya. Kenapa? Karena disini saya bisa Wifian sepuasnya. Lantai 3 adalah cafe sekaligus wifi area. Nama cafenya adalah Oyot Godhong. Di lantai ini terdapat gazebo-gazebo dan konsepnya adalah taman. Hari Rabu kemaren saya se-sorean di sini. Wuihh…serasa ada di Eropa. Kalau di lantai 1 dan 2 kita akan menemukan nuansa Jawa Klasik, di Lantai 3 ini kita akan menemukan nuansa eropa klasik. Mulai dari alunan musiknya, para pramusajinya yang menggunakan kostum-kostum jaman eropa.

    holy cow… itu asimilasi budaya yak? dan ngomong-ngomong pemilihan nama ‘Oyot Godhong’ itu buat saya benar-benar menarik dan menggelitik!

  6. iya. di mirota batik memang menampilkan 2 nuansa yang berbeda. btw oyot godhong itu juga jadi nama cafe di house of raminten.

  7. asik, asik banget tuh tempat…(hmm nilenya 8)

  8. mamanya salsa & fafa pengen dibawakan oleh-oleh toko mirota sak isinya…hehe

  9. hehe…boleh2… lha tapi ntar susah mbawa ke solonya😛 (pake prameks gak muat)

  10. Kapan ya aku bisa ke sana, tuk melihat dari dekat🙂

    Salam kenal

  11. Di surabaya juga ada Mirota, tapi ga tau apa ada hubungannya dgn Mirota Yogya ini ya..

  12. iya kemaren pas ke surabaya diajak sama grace & rima ke mirota, sayangnya gak bisa ikutan coz mau persiapan buat paginya😦

  13. makasi buat infonya???saya jadi gak sabar pengen cepet-cepet ke jogja

  14. mirota oh mirota itu kata yang pertama terlontar dari mulutku…..mungkin cuma itu yang bisa ku ingat waktu di malioboro, pokonya tahun depan klw ke jogja lagi aku pasti ke sana buat belanja batik yang buanyak…..dan kuambil potongan hati yang tertinggal

  15. saya kemarin habis dari jalan-jalan di mirota jogja dan mirota surabaya. kebetulan juga saya mendapat tugas liputan buat majalah saya. saya mencoba mengambil angel dari menilik “hubungan” mirota jogja dan surabaya. mau tau cerita lebih lanjut? bca saaj majalah saya,,Majalah SEKTOR, majalah fakultas ekonomi Univ. Airlangga.
    *numpang promosiii..hehehehehe*

  16. kalo ke jogja untuk beli batik atau souvenir yang laen…emang paling pas ya ke mirota batik…lokasinya di malioboro…trus dekat istana negara…, kalo wisata ke jogja hati2 kalo beli batik di toko2 yang ditawarkan tukang becak…biasanya mereka “si tukang becak” dapet komisi 40 sampai 50 persen….klo di mirota kayaknya bisa dipercaya harganya gak dinaikkan untuk komisi si becak…jadi kantong kita aman…
    trus klo bli kaos dagadu asli hati2 juga …karena yg asli hanya di malioboro mall dan jl pakuningratan…selainnya itu palsu….met wisata ke jogja dengan nyaman dan aman…:)

  17. tiba2 kangen mirota batik, kangen suasananya.. eh nemu disini. Mudah2an besok klo pulang ke jogja mampir sini.. thk ya tulisannya..obat kangenku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: