Ketika Bentang Alam dan Bentang Budaya Bertemu

21 Maret 2010 § 2 Komentar

Bentang alam (landform) merupakan bentukan hasil dari proses alam. Sedangkan Bentang Budaya merupakan bentukan sebagai hasil dari kegiatan manusia.

Foto-foto berikut adalah Pantai Pasir Panjang di Singkawang Kalimantan Barat dan Pantai Depok di Yogyakarta. Kedua pantai tersebut mempunyai kesamaan: Terdapat warung-warung di tepi pantai yang menyediakan makanan dan minuman bagi para wisatawan.

Pantai Pasir Panjang di Singkawang

Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Singkawang, Kalimantan Barat. Berjarak 142 km dari Kota Pontianak. Pantai ini bisa dicapai selama 3 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Warung-Warung di Pantai Pasir Panjang

Warung-warung makan yang terdapat di Pantai Pasir Panjang pada umumnya non permanen, terbuat dari kayu dengan atap berupa daun-daun.

***

Pantai Depok di Yogyakarta

Pantai Depok terletak di Provinsi D.I Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Yogya. Jika Mengendarai mobil atau motor, mamakan waktu sekitar 45-60 menit. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Warung-Warung di Pantai Depok

Warung-warung yang terdapat di Pantai Depok bangunannya permanen, banyak yang terbuat dari batako, dengan atap dari genteng. Disini kita bisa sekaligus menikmati wisata kuliner pantai seperti berbagai jenis ikan, udang, kepiting dan lain sebagainya.

***

Adanya warung-warung di tepi pantai merupakan hasil interaksi manusia dengan alam. Pantai sebagai tempat sebagian manusia untuk berwisata, agar lebih dekat dengan alam. Kemudian manusia lain memanfaatkan peluang itu sebagai salah satu tempat untuk mencari penghidupan. Tentu tidak hanya di Pantai Pasir Panjang dan Pantai Depok saja yang terdapat fenomena seperti ini. Masih banyak pantai di negeri ini dimana Bentang Alam dan Bentang Budaya Bertemu dan Berkolaborasi menghasilkan suatu harmoni yang indah :D

About these ads

Tagged: , , , , , , ,

§ 2 Responses to Ketika Bentang Alam dan Bentang Budaya Bertemu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Ketika Bentang Alam dan Bentang Budaya Bertemu at Home Sweet Home.

meta

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: