Facebook: Teknik Jitu Mencari Teman Lama Yang (Hilang)

23 Januari 2009 § 77 Komentar

Belakangan ini saya lagi seneng mengutak atik Facebook.  Awalnya saya nggak terlalu tertarik sih sama yang namanya facebook, toh udah punya friendster. Lalu iseng iseng aja join. Tapi belum juga merasa tertarik. Lha wong kebanyakan temen-temen saya ada di friendster. Lalu…masih dalam rangka iseng iseng juga :P saya mulai search teman-teman saya yang join di facebook. Facebook menyediakan berbagai cara untuk mencari teman-teman kita:

1. Bisa Pakai Find Friend

find-friends1

Metodenya adalah mencari lewat e-mail addresss kita. Klik aja Friends di bagian atas facebook. Lalu Klik Find Friends. Disitu muncul alamat email dan kita tinggal memasukkan password dan Find Friends. ini dengan catatan kalau kita rajin mengisi address book di email lho!

2. Search Option

search1

Caranya adalah dengan memasukkan data teman yang dicari. misalnya nama teman, alamat email dsb. Kalau mencari teman dalam jumlah yang banyak bisa masukkan asal SMA atau Fakultas kita. Cara ini cukup efektif. Yang perlu diperhatikan adalah penulisan kata dan hurufnya. Kalau kita search dengan kata UGM dan search dengan kata Universitas Gadjah Mada, nanti hasil yang didapatkan bisa berbeda. Solusinya: Cobalah berbagai kombinasi. Bisa namanya disingkat, atau panjang, pakai Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Sebab hasil yang didapat bisa berbeda.

Saya punya teknik lain yang lebih ampuh, yaitu lewat network

3. Jaringan atau Networking

see-all1Caranya adalah lewat temennya teman. Misal: saya mau cari temen kuliah saya di Geografi UGM. Saya cari saja salah satu teman di Geografi UGM dan add sebagai friends. Setelah jadi temannya saya lihat teman-temannya. Nah dari situ pasti ada temen geografi saya yang lain yang bisa dihubungi.  Cara ini lebih praktis, hemat waktu dan pasti ketemunya. Apalagi kalau temen kita itu orangnya internet mania dan temannya banyak.

4. Groups dan Page

Search lewat group atau page memungkinkan kita untuk menemukan teman-teman lama, tidak terbatas yang satu sekolah saja, tapi juga teman yang sehobi dengan kita. Caranya ketik group yang dituju di option search (kanan atas). Misal saya mau mencari Group Forum Lingkar Pena. Saya search dengan keyword Forum Lingkar Pena. Setelah itu muncul banyak result/hasil pencarian. Kita bisa mengidentifikasi apakah ini group atau bukan dari tulisan ‘join group’ di sebelah kanan. Nah dari situ kita bisa lihat di anggota group itu, adakah teman-teman lama disana? Saat ini banyak sekolah, organisasi atau kelompok hobi yang membuat group atau page.

Ada lagi cara yang lebih ekstrim….yaitu:

5. Entry satu-satu

Caranya adalah: Buka buku alumni anda, dan masukkan satu-satu nama teman anda. Cara ini cukup praktis bagi anda yang lupa nama lengkap teman anda. Lha dulu panggilannya kliwir, padahal nama lengkapnya Mahadewa. Kalau anda search pakai nama panggilan, pasti gak ketemunya tho?? Hehe…

Setelah ditelusuri dengan berbagai cara dan teknik, ternyata banyak teman-teman lama yang join di Facebook.

Seep..deh. Selamat mencoba . Met Reunian…

Artikel Terkait:

Facebook Applications: How Jawa Are You?

Touchgraph Photos: Melihat Jaringan Pertemanan di Facebook

About these ads

Tagged: , , , ,

§ 77 Responses to Facebook: Teknik Jitu Mencari Teman Lama Yang (Hilang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Facebook: Teknik Jitu Mencari Teman Lama Yang (Hilang) at Home Sweet Home.

meta

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: