Facebook: Teknik Jitu Mencari Teman Lama Yang (Hilang)

Belakangan ini saya lagi seneng mengutak atik Facebook.  Awalnya saya nggak terlalu tertarik sih sama yang namanya facebook, toh udah punya friendster. Lalu iseng iseng aja join. Tapi belum juga merasa tertarik. Lha wong kebanyakan temen-temen saya ada di friendster. Lalu…masih dalam rangka iseng iseng juga :P saya mulai search teman-teman saya yang join di facebook. Facebook menyediakan berbagai cara untuk mencari teman-teman kita:

1. Bisa Pakai Find Friend

find-friends1

Metodenya adalah mencari lewat e-mail addresss kita. Klik aja Friends di bagian atas facebook. Lalu Klik Find Friends. Disitu muncul alamat email dan kita tinggal memasukkan password dan Find Friends. ini dengan catatan kalau kita rajin mengisi address book di email lho!

2. Search Option

search1

Caranya adalah dengan memasukkan data teman yang dicari. misalnya nama teman, alamat email dsb. Kalau mencari teman dalam jumlah yang banyak bisa masukkan asal SMA atau Fakultas kita. Cara ini cukup efektif. Yang perlu diperhatikan adalah penulisan kata dan hurufnya. Kalau kita search dengan kata UGM dan search dengan kata Universitas Gadjah Mada, nanti hasil yang didapatkan bisa berbeda. Solusinya: Cobalah berbagai kombinasi. Bisa namanya disingkat, atau panjang, pakai Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Sebab hasil yang didapat bisa berbeda.

Saya punya teknik lain yang lebih ampuh, yaitu lewat network

3. Jaringan atau Networking

see-all1Caranya adalah lewat temennya teman. Misal: saya mau cari temen kuliah saya di Geografi UGM. Saya cari saja salah satu teman di Geografi UGM dan add sebagai friends. Setelah jadi temannya saya lihat teman-temannya. Nah dari situ pasti ada temen geografi saya yang lain yang bisa dihubungi.  Cara ini lebih praktis, hemat waktu dan pasti ketemunya. Apalagi kalau temen kita itu orangnya internet mania dan temannya banyak.

4. Groups dan Page

Search lewat group atau page memungkinkan kita untuk menemukan teman-teman lama, tidak terbatas yang satu sekolah saja, tapi juga teman yang sehobi dengan kita. Caranya ketik group yang dituju di option search (kanan atas). Misal saya mau mencari Group Forum Lingkar Pena. Saya search dengan keyword Forum Lingkar Pena. Setelah itu muncul banyak result/hasil pencarian. Kita bisa mengidentifikasi apakah ini group atau bukan dari tulisan ‘join group’ di sebelah kanan. Nah dari situ kita bisa lihat di anggota group itu, adakah teman-teman lama disana? Saat ini banyak sekolah, organisasi atau kelompok hobi yang membuat group atau page.

Ada lagi cara yang lebih ekstrim….yaitu:

5. Entry satu-satu

Caranya adalah: Buka buku alumni anda, dan masukkan satu-satu nama teman anda. Cara ini cukup praktis bagi anda yang lupa nama lengkap teman anda. Lha dulu panggilannya kliwir, padahal nama lengkapnya Mahadewa. Kalau anda search pakai nama panggilan, pasti gak ketemunya tho?? Hehe…

Setelah ditelusuri dengan berbagai cara dan teknik, ternyata banyak teman-teman lama yang join di Facebook.

Seep..deh. Selamat mencoba . Met Reunian…

Artikel Terkait:

Facebook Applications: How Jawa Are You?

Touchgraph Photos: Melihat Jaringan Pertemanan di Facebook

~ oleh honeysweet pada 23 Januari 2009.

77 Tanggapan to “Facebook: Teknik Jitu Mencari Teman Lama Yang (Hilang)”

  1. wah, jeng heni mulai nerusin blognya.
    keep on blogging, jeung!
    semangat!

  2. wah, nek harus masukin entry satu2. yo pegel rek le ngetik.
    ada2 aja kau ini, jeng. :lol:
    fbku jarang tak utak atik je.
    msh srg fs an.

  3. Thankiu Funny… iya, sekarang mulai semangat lagi nich.

    .. masukin satu2 buat yang sangat pengen banget nemuin temennya yang (hilang) :D hehe.

  4. wah… saya gaptek… kurang faham soal FB an… udah register sih, tapi nggak faham utak atiknya … he..he..he…
    Salam dari jauh ….

  5. Ada g situs web yg bsa cri nama penduduk seluruh indonesia dgn cepat dan mdh?

  6. ada saran gimana cari seseorang yg kita kenal, tp cuma tau nama depannya aja, g tau data2 yg lain kcuali tmpat tinggal.
    cth sy cari orang yg baru kenal namanya : dodol, kenal di garut
    nah cuma 2 clue, dodol & garut

    klo ada yg tau cara yg paling jitu, share pliz, penting bgt.
    opsi di FS atau FB masih blm lengkap kyknya, trpaksa sy ketik aja dodol, lalu muncul smua yg bernama dodol se indonesia, ada ribuan di klik satu2 >.< capek & g dapat

  7. ok! thank’s b4
    I can serh My friends the lozt.
    tq

  8. assalamualaikum wr wb. salam kenal mbak. aku isma, tinggal di jogja juga.
    kebetulan sebelum baca blog ini aku sudah coba cari teman-teman akrabku yang dah lost contact bertahun-tahun yang lalu tapi hasilnya nihil…mungkin temanku tidak joint facebook….mungkin juga join tapi pake nama lain… hiks.

  9. tapi menurut gw itu sulit….
    ya kalo itu emang bner tmen
    kita….
    bisa aja kan cuma boonk….
    tpi thanks ats infonya………..

  10. saya sedang mencari teman lama Seri yang pernah bekerja di Singapura dalam tahun 2000

  11. Aq mncari tmn2 sekolah

  12. aq mw dong jadi teman klian heeeeeeee

  13. saya mencari teman sma dulu di sma ppkp palembang,tolong saya?

  14. mau ngucapin terimakasih nie untuk sang blogger.. coz tulisannya di atas dapat membantu saya dalam mengerjakan tugas akhir saya mengenai marketing online yang salah satunya melalui facebook..
    makasi yaa..
    sukses selalu

  15. y sih klo FB skarang Lg ngetreend buanget,tP msh banyak temen2 ku yg blum px sama skali

  16. saya gak faham cara facebookan,tlg diajari duog

  17. kamu kerja apa sekarang mas mansur anak kamu brapa sekarang

  18. haloooo
    saya ada mau cari temen lama saya dulu ada temen saya panggilannya dini kuliah di sastra inggris uki sekitar tahun 1991 kami di wisuda ,,,,,kalau saya dari teknik mesin uki angkatan 1984 dulu dini asalnya dari sukamandi tinggal nya di kedoya ,,,,,,kalau ada yang tau tlng yah ,,, thx

  19. kenalan dong

  20. pada kemana yach temen lama udi”…………..?????????????

  21. aku lho cari temanku yang dulu bareng pada tugas di kepulauan sapudi…….

  22. saya mencari teman lama saya nama nya dini falkutas santra inggris angakartan 1985 saya dulu kuliah di teknik mesin uki angkatan 1984 mhn kalau ada yang tau thx yah

  23. Aku lagi cari orang yang benar – benar serius mau berpenghasilan dengan berbisnis sambilan tanpa meninggalkan pekerjaan yang sudah ada.

    Aku senang banget bila orang lain dapat berpenghasilan.

    Mau kerja sambilan dengan mendapatkan penghasilan RP 7.000.000,- hingga RP 70.000,.000,- dan jalan – jalan keluar negeri bergabung bareng Aku dalam bisnis d’BC Network oriflame online serta banyak keuntungan lainnya lagi akan didapat dengan membayar uang keanggotaan hanya RP 39.900,- perempuan juga lelaki , ibu rumah tangga, mahasiswa dari kalangan mana aja dan ayo gabung bareng Aku.

    Buka website Aku

    http://www.mimpiakanterwujud.co.cc/

    nanti akan ada foto Aku dan disamping foto Aku akan ada tulisan Klik Di Sini Gabung Sekarang lalu klik aja tulisan itu dan akan muncul formulir pendaftaran lalu isi dengan benar kemudian kirim

    Makasih bila mau gabung dan semoga sukses

  24. saya mencari teman saya eriska yuli iswanti,sekarang tinggal di jakarta timur

  25. hilang fb Dani Bastian yg gmn

  26. hilang fb yg gmn

  27. buat siapa saja yg menemukan atau kenal sma dewi pangandaran harap hubungi 087858235551 trimakasih

  28. Aq nyari tmen aq namanya leny dlu temen spg aq d indosat aq pgn bgt ktm thanx

  29. hello saya putri aku nak cari kawa saya nama nya dwi erna and avril

  30. nama saya ;; ike rosi palupy …,,saya ingin ketemu sama teman2 alumi smp 90 di jakart a timur, kelas 3d tahun ajaran 1983/ 1984.,
    yg dulu wktu skolah punya sahabat yg trgabung VIDI MERY LADY..
    ,nama ” sahabat saya ;indri susilawati,
    sri murtini.,
    AIDAH..
    RIATI..
    ini no tlp saya..;085254128278

  31. merdeka

  32. waaah buanyak juga komentnya…
    ha.ha.ha…
    ikutan ahh…

    Salam kenal

  33. dah hampir 6 tahun saya mncari kekasih qu yg bernama wulan dari dulu dia pernah tinggal di tembung tp dia pindah ke batam end gak prnah ada kontak lagi…
    saya pengen bget ktemu sama dia lg…
    gmana ea cara mncari nya lg…
    sedang kan qu dah pernah ke batam,tp aq gak tau sama skali alamat nya…
    aq dah gak tau lagi gmana cara nya bisa ktemu dia lg…???
    tolong aq dong sobb…

  34. help me temukan shbt lm sy fera ratna dewi damayanti almt rmh lm cempaka putih tengah 27 no 12a lahir 12-2-1972 alumni smp 77 anak bpk sunarno tlg hub saya nur\ina pntg

    • Mbak

      saya temannya Fera sama2 kuliah di Gunadarma, Fera sudah tiada, meninggal pada Bulan desember 2012, Fera menderita kanker payudara selama 3 tahun

  35. udah slama 3 tahun facebook ak hilang karana harus meggunak no telepon karane dlu ak gx punya hp ak jadi gx bisa maen facebook
    ak bernama:supriadi
    ak sekolah di: SDN
    prnah kah kalian seperti ak
    001 skp batam t riau

  36. Bsa gk tmuin q dg t5n yg udah bru sja q blokr dri prtmann.scpat mgkn

  37. hai..
    Ku moliz(seklah d SMEA Muh kedaton)lamsel-kalianda
    klau ktemu tolng blz/sumaini.ok..
    081928288029

  38. pengen cari temenku waktu sd dulu, waktu itu miss contact sama mereka… terakhir tahun 2012, 10 tahun yang lalu… sahabat masa kecil itu terkenang terus yah…. sudah coba cari di fb, grup, dll… ga ada… apa mereka pake nama yang aneh2 ya… hmmmph, kalau panjang umur mungkin suatu hari nanti bisa ketemu :D

    *SDN LOKTABAT 7 BANJARBARU 1999-2002*

    -seandainya jaman dulu tuh anak sd udah main hp…huhuh..gak kayak sekarang… :D

    nice post btw :D

  39. ayah sedang apa ?

  40. sedang apa yah

  41. caranya mencari teman lewat facebook dan cara membukanya

  42. mo tanya dulu gw juga pake Friendster tapi udah lama ga dibuka na…sekarang gw mau buka itu lagi gimana caranya ya…coz banyak foto2 gw nya…..

  43. Kalo saya dulu nyari temen lama di FB itu sering lewat situs evaluasi.or.id atau evaluasi.dikti.go.id. Situs2 itu menyediakan daftar nama mahasiswa di perguruan2 tinggi tertentu. Sering banget temen2 lama kita itu ternyata kuliah dengan temen2 lama yang lain, meskipun beda asal sekolah. Sayang, 2 situs itu udah dihapus, diganti dengan forlap.dikti.go.id yang mekanisme pencariannya yang baru malah menyulitkan nyari temen lama.

  44. Lg pain

  45. waah kayaknya aku susah deh ka, aku cari temen masa kecil, tp aku ga tau sama sekali dia sekrang sekolah dimana, namanya juga susah dicari di fb, temennya dari luar ka, tolong bntuin ya gmn

  46. wah byk bgtz ea yg komentar ! ikutan ah..salam maniz

  47. nma ku rina q scool di ypi delitua”q pnya sahabat nmnya.:
    1.siska febrianty
    2.siti aldina
    3.anita miranda
    4.dwi ismawati

  48. waw hri nie sahabat ku ultah hppy brtday dina ;q cyank ma kmue…I MISS YOU “

  49. Cari: teman2 bantuin dong. Ak nyari temen yg hilg kontak nich. Cm tau namanya yudian prasetya. Thn lalu masi kerja d danamon cbg kapas krampung sby. Bila ad yg tau hub no hpku ya 087756123124. Makasi sebelumnya

  50. gue cma blg mgkn agk lma proses bgus cari yg baru he….he…

  51. jgn marah smua

  52. Aq kangen ma kalian mua imka angk 1999(uuck)

  53. aq lg cr seseorang yg dah 9th g ktmu. zmpe skrg aq msh slw inget zm dia. bahkan kangen bgt zm dia. namanya muhamad sholeh afandi asal brebes jateng bhasa sunda. dl wkt ktmu zm dia d jakarta pusat. daerah cempaka baru wkt it km lg krja bkin masjid.
    tolong y bntu aq cri dia. mksh bnyk. o ya skrg aq tgl d cirebon. ni nope aq.085703246824

  54. makasih triknya

  55. Kalau Cara Nomor 2 , Masuk Ke Search Option , Itu Bagaimana caranya ? saya sudah mencari cari tidak ada , mohon di jelaskan :)

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

